KHAUL MBAH KALANG Desa Loireng Tahun 2022

  • Sep 01, 2022
  • Loireng
  • BERITA, PEMERINTAHAN, SENI DAN KEBUDAYAAN, KEGIATAN

        LOIRENG.DESA.ID - Minggu 28 Agustus 2022 Pemerintah Desa Loireng Kecamatan Sayung Kabupaten Demak bersama dengan Warga Masyarakat Desa Loireng telah melaksanakan kegiatan Khaul Mbah Kalang. Kegiatan ini dimulai pada jam 13.00 WIB dan selesai pada jam 16.30 WIB yang bertempat di sekitar area makam Mbah Kalang.

Mbah Kalang atau Kyai Abdullah Kalang Tedja Mukti dikenal sebagai Penemu Desa Loireng atau yang Babak Yoso Desa Loireng Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, oleh karena itu setiap setahun sekali selalu diadakan Kegiatan Khaul Mbah Kalang, tepatnya pada bulan suro.

Adapun susunan acara sebagai berikut :

  1. Pembukaan ( Alfatihah )
  2. Pembacaan Al Qur' an ( Bpk. Ustd. Barir )
  3. Pembacaan Surat Yasin ( Bpk. K. Mahfud Nur CH )
  4. Pembacaan Tahlil dan Do'a ( Bpk. KH. Mu'tasim Billah )
  5. Pembacaan Sholawat Nabi dan Asyroqolan ( Group Hadroh Desa Loireng yang dipimpin oleh Bpk. M. Syihabuddin )
  6. Sambutan Pj. Kepala Desa Loireng ( Bpk. Dwi Ristanto, SE )
  7. Sambutan Ketua Panitia Khaul Mbah Kalang ( Bpk. Abd. Hakim )
  8. Maui'dloh Hasanah ( Bpk. K. Abdul Malik )
  9. Penutup dan Do'a ( Bpk. K. Abdul Malik )

       Dikarenakan pada saat pelaksanaan Kegiatan Khaul Mbah Kalang Bapak Pj. Kepala Desa Loireng sedang sakit tidak bisa hadir ) maka sambutan Bapak Pj. Kapala Desa Loireng diwakili oleh Kaur Kesra Pemerintah Desa Loireng yaitu Bapak Abd. Hakim yang juga sebagai Ketua Panitia Khaul Mbah Kalang. Dalam sambutanya beliau beliau ( Bapak Abd. Hakim ) sangat berterima kasih sekali kepada Warga Masyarakat Desa Loireng yang sangat antusias sekali atau semangat sekali untuk datang dalam Kegiatan Khaul Mbah Kalang ini walaupun kondisi lokasi di sekitar area makam belum begitu bagus atau rata secara keseluruhan, dan semoga untuk tahun depan kegiatan Khaul Mbah Kalang ini bisa lebih ramai lagi dan baik lagi terutama mengenai kondisi lokasi di sekitar area makam Mbah Kalang yang sampai saat ini belum rata secara keseluruhan.

Kegiatan Khaul Mbah Kalang ini berjalan dengan lancar sampai dengan acara selesai.

 

 

Fotografer         : Mas Boy                        

Narator              : Budhiyono